Umam, Siti Zubaedah and , Dra. Sri Hartini, M.Pd. (2013) Peningkatan Partisipasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas V SDN I Gondangslamet Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (129kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (236kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (779kB) |
||
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Download (95kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (387kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar matematika siswa kelas V SDN I Gondangslamet melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berbasis kolaboratif, sehingga peneliti melakukan kerjasama dengan guru kelas V SDN I Gondangslamet yang selalu berupaya untuk memperoleh hasil yang optimal. Dengan menggunakan siklus berulang yang memiliki langkah : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi terhadap hasil akhir tindakan pada setiap siklusnya. Penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan 2 siklus penelitian. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahap teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi belajar Matematika siswa meningkat pada setiap siklusnya yang diuraikan sebagai berikut: 1) peran serta, pada indikator ini dijabarkan (a) antusias dalam mengerjakan soal pada prasiklus 52,6%, pada siklus I 78,9%, pada siklus II 89,5%; (b) aktif dalam pembelajaran pada prasiklus 21,0%, pada siklus I 73,7%, pada siklus II 94,7%; (c) mengikuti pembelajaran sesuai sistematika yang ditentukan pada prasiklus 21,0%, pada siklus I 84,2%, pada siklus II 89,5%. 2) kerja kelompok, pada indikator ini dijabarkan (a) tanggung jawab kelompok pada prasiklus 47,4%, pada siklus I 57,9%, pada siklus II 89,5%; (b) mengajari teman yang belum bisa pada prasiklus 31,6%, pada siklus I 57,9%, pada siklus II 73,7%; (c) diskusi pra-tes pada prasiklus 31,6%, pada siklus I 84,2%, pada siklus II 89,5%. 3) kerja individu, pada indikator ini dijabarkan (a) mengerjakan sendiri ketika tes pada prasiklus 10,5%, pada siklus I 57,9%, pada siklus II 78,9%; (b) memperoleh poin yang tinggi pada prasiklus 10,5%, pada siklus I 84,2%, pada siklus II 94,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan partisipasi belajar Matematika siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), partisipasi belajar, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 10:59 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 10:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22901 |
Actions (login required)
View Item |