Istiqomah, Dhani and , Drs. Muhroji, M.Si. (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Karangasem Ii Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_depan.pdf Download (893kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
05.Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab III)
06.Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab IV)
07.Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
09.Daftar_pustaka.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02.Naskah_Publikasi.pdf Download (119kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui penerapan strategi lightening the learning climate. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Karangasem II yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi siswa pada pembelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi Kesiapan siswa sebelum tindakan 50%, pada siklus I pertemuan I 57,14%, pada siklus I pertemuan II 68,57%, pada siklus II pertemuan I 74, 29%, dan pada siklus II pertemuan I 100%. Perhatian siswa sebelum tindakan 44,4%, pada siklus I pertemuan I 60%, pada siklus I Pertemuan II 68,57%, pada siklus I Pertemuan I 74,29 %, dan pada siklus II pertemuan II adalah 88,57%. Siswa yang mengeluarkan pendapat sebelum tindakan 41,6%, pada siklus I pertemuan I 57,14% , pada siklus I pertemuan II 62,85%, pada siklus II pertemuan I 68,57%, dan pada siklus II Pertemuan II 82,86%. Siswa yang antusias mengerjakan tugas yang diberikan sebelum tindakan 41,6%, pada siklus I pertemuan I 68,57%, pada siklus I pertemuan II 71,43%, pada siklus II pertemuan I 71,43%, pada siklus II pertemuan II 91,42%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai KKM 27,78% dan pada akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 91,43%. Peneltian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Lightening The Learning Climate dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan motivasi siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lightening the learning climate, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 09:07 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 09:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22889 |
Actions (login required)
View Item |