Pamadi, Agus Sri and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd. and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Keberanian Bertanya Matematika (PTK Pada Siswa Kelas X Semester Ganjil SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro Tahun Ajaran 2012/ 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (353kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (553kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (63kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Penalaran dan Keberanian bertanya siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi Problem Posing Tipe Post Solution posing. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XBB di SMK Muhammadiyah 5 Purwantoro yang berjumlah 32 siswa Perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ada peningkatan Penalaran dan Keberanian bertanya siswa dalam pembelajaran matematika tentang materi ajar Operasi pada bilangan real. Hal ini dapat dilihat dari indikator penelitian 1. Penalaran Siswa : a) Menyajikan pernyataan matematika secara lisan, sebelum tindakan 15,6%, setelah tindakan 71,9%, b) Mengajukan dugaan atau ide, sebelum tindakan 18,8%, setelah tindakan, 78,1%, c) Melakukan manipulasi matematika atau menyusun bukti, sebelum tindakan 18,8%, setelah tindakan 75%, d) Kemampuan membuktikan kesahihan suatu argument, sebelum tindakan 21,9%, setelah tindakan 78,1%, e) Kemampuan menarik kesimpulan logis, sebelum tindakan28,1, setelah tindakan 81,3%. 2.Keberanian bertanya Siswa : a) Mau mencoba hal – hal yang baru, sebelum tindakan 15,6%, setelah tindakan 75%, b) Mau mengemukakan pendapat, sebelum tindakan 18,8%, setelah tindakan 78,1%, c) Mampu mengendalikan rasa takut dalam bertanya, sebelum tindakan 18,8%, setelah tindakan 81,3%, d) Mampu menghadapi tantangan, sebelum tindakan 21,9, setelah tindakan 78,1%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Problem posing tipe post Solution Posing dapat meningkatkan Penalaran dan Keberanian bertanya siswa dalam pembelajaran matematika tentang Operasi Pada Bilangan Real.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penalaran, Keberanian bertanya, Problem Posing tipe post solution posing. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 07:02 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22881 |
Actions (login required)
View Item |