Daryono, Daryono and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. and , Masduki, S. Si., M. Si. (2013) Pemanfaatan Software Coreldraw Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (349kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (572kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar matematika siswa dengan memanfaatkan software coreldraw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa MTs Negeri Gondangrejo Filial Ngadiluwih yang berjumlah 29 siswa. Metode pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan software coreldraw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari : 1) Antusias siswa dalam belajar sebelum dilakukan tindakan sebesar 34,48% dan di akhir tindakan mencapai 86,21%, 2) Antusias siswa dalam memperhatikan pelajaran sebelum dilakukan tindakan sebesar 27,58% dan di akhir tindakan mencapai 82,76%, 3) Antusias siswa dalam mengemukakan ide sebelum dilakukan tindakan sebesar 20.68% dan diakhir tindakan mencapai 44.83%, 4) Antusias siswa dalam mempelajari kembali materi yang sudah diberikan sebelum dilakukan tindakan sebesar 17.64% dan diakhir tindakan mencapai 75.86%, 5) Hasil belajar siswa yang memenuhi KKM sebelum dilakukan tindakan adalah 44,83% dan di akhir tindakan mencapai 86.21%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan software coreldraw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemanfaatan software coreldraw, minat siswa, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Feb 2013 06:54 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22880 |
Actions (login required)
View Item |