Implementasi Strategi Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Badran 2 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2012/2013

Lestari, Mei Endang and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M.Si. (2013) Implementasi Strategi Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Badran 2 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (405kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (77kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi Time Token pada siswa kelas IV SD Negeri Badran 2. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas IV yang membantu pelaksanaan penelitian. Dalam penelitian tindakan kelas ini subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Badran 2 yang berjumlah 12 siswa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Time Token. Rata-rata kemampuan berkomunikasi siswa pra siklus sebesar 0%, siklus I sebesar 41,67%, siklus II 91,67%. Sedangkan nilai hasil belajar siswa yang sudah memenuhi KKM pada pra siklus 10 siswa (83,33%), siklus I sebanyak 11 siswa (91,67%), siklus II sebanyak 12 siswa (100%. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Time Token dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Badran 2 Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Time Token, kemampuan berkomunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 26 Feb 2013 12:28
Last Modified: 28 Oct 2021 09:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22872

Actions (login required)

View Item View Item