Rahmawati, Isti Dwi (2013) Peningkatan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran The Learning Cell Pada Siswa Kelas IV SD N Pengkok 1 Kedawung Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (364kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2_BAB_I.pdf Download (148kB) |
|
PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
||
PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
||
PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) |
||
PDF (Bab IV)
6_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
|
PDF (NAskah publikasi)
10_Naskah_Publikasi.pdf Download (500kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan kemampuan bertanya siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran The Learning Cell. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Pengkok 1 Kedawung Sragen yang berjumlah 36 siswa.Obyek dalam penelitian ini adalah kemampuan bertanya siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan bertanya siswa pada mata pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari 1) siswa yang mengajukan pertanyaan kepada guru sebelum diadakan tindakan sebesar 19,44% pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 72,22%, 2) mengajukan pertanyaan dengan bahasa yang tepat sebelum diadakan tindakan sebesar 16,66% pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 61,11%, 3) percaya diri dalam mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 13,88% pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 63,88%, 4) menghargai teman yang bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 33,33% pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 66,66%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran The Learning Cell pada pembelajaran IPA dapat meninngkatkan kemampuan bertanya siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan bertanya, the learning cell |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 26 Feb 2013 11:55 |
Last Modified: | 26 Feb 2013 11:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22869 |
Actions (login required)
View Item |