Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Penggunaan Media Kartu Angka Bagi Anak Kelompok B Pada TK 03 Tugu Jumantono Karanganyar Tahun 2012 / 2013

Setyowati, Nining and , Dr. Samino, MM (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Penggunaan Media Kartu Angka Bagi Anak Kelompok B Pada TK 03 Tugu Jumantono Karanganyar Tahun 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (217kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung menggunakan media kartu angka dan gambar di TK 03 Tugu Jumantono Karanganyar. Metode Dalam Penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti sekaligus guru kelopok B TK 03 Tugu Jumantono Karanganyar sebagai pelaksana tindakan.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B tk Jumantono Karanganyar yang berjumlah 22 anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi, tes dan untuk pengumpulan data antara lain dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan membandingkan skor rata-rata dalam tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK 03 Tugu Jumantono Karanganyar dapat ditngkatkan dengan menggunakan media kartu angka . Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut: a) guru membuka pelajaran, b) guru mengajak menyanyikan lagu, c) guru meminta anak-anak untuk duduk di tikar, d) guru mengajak anak menceritakan pengalaman sebelum kesekolah, e) guru menjelaskan tema, f) bertanya-jawab tentang tema, g) memperkenalkan media yang akan di gunakan pada hari tersebut, h) Anak mengambil gambar sesuai angka yang di pegang guru, i)Memasangkan kartu angka dengan gambar l) memasangkan lambang bilangan dengan benda , m) mengenalkan pengurangan dengan cara memisahkan benda, n)mengenalkan hasil penjumlahan. 2) Terjadi peningkatan kemampuan berhitung permulaan pada pelaksanaan siklus I dari 22 anak kelas B TK Tugu Jumantono Karanganyar yang dinyatakan tuntas belajar sebanyak 3 anak dengan nilai rata-rata 63,952 %. Setelah siklus II sebanyak 22 anak telah memenuhi ketuntasan belajar denagn nilai rata-rata kelas yaitu 86,681 %, sehingga semua sudah mencapai ketuntasan belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, berhitung, media, kartu, angka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Feb 2013 11:16
Last Modified: 27 Oct 2021 02:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22839

Actions (login required)

View Item View Item