Anggraeni, Nita and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Savi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Anggaswangi Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01_halaman_depan.pdf Download (270kB) |
|
|
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf Download (181kB) |
|
PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
07_Daftar_pustaka.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10_naskah_publikasi.pdf Download (539kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui pendekatan pembelajaran SAVI pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Anggaswangi Grobogan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam tindakan adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 24 anak. Obyek penelitian adalah aktivitas belajar IPA dan pendekatan pembelajaran SAVI. Penelitian diawali dengan dialog awal, kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, evaluasi dan penyimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan pembelajaran SAVI di SD Negeri 01 Anggaswangi menunjukkkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA. Peningkatan aktivitas tersebut terlihat dalam 4 indikator yaitu A, B, C, dan D. Pada indikator A berupa memperhatikan penjelasan guru yang ditandai dengan antusias siswa untuk mengikuti pelajaran yang disampaikan guru Dalam kategori penilaian aktivitas sebelum tindakan tercatat sebesar 62,5% atau 15 siswa, pada siklus I tercatat sebesar 75% atau 18 siswa, pada siklus II tercatat 100% atau 24 siswa. Indikator B atau bertanya ditandai perilaku siswa suka bertanya. Dalam kategori penilaian aktivitas sebelum tindakan tercatat sebesar 20,83% atau 5 siswa, pada siklus I sebesar 58, 33% atau 14 siswa, pada siklus II sebesar 75% atau 18 siswa. Indikator C yaitu mengeluarkan pendapat ditandai perilaku siswa yang antusias menjawab pertanyaan dari guru dan mengeluarkan pendapat saat presentasi kelompok. Dalam kategori penilaian aktivitas tercatat sebelum tindakan 16,66% atau 4 siswa, pada siklus I tercatat 66,67% atau 16 siswa, pada siklus II tercatat 83,34% atau 20 siswa. Indikator selanjutnya adalah indikator D atau berdiskusi ditandai adanya kerja sama antar kelompok siswa Dalam penilaian aktivitas sebelum tindakan tercatat 33,33% atau 8 siswa, pada siklus I tercatat 75 % atau 18 siswa, pada siklus II 91,67% atau 22 siswa. Selain peningkatan aktivitas, hasil belajar juga mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan 50%, pada siklus I mencapai 75% dan pada siklus II mencapai 95,83%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan pembelajaran SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Anggaswangi Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAVI, aktivitas, dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 25 Feb 2013 06:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 09:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22825 |
Actions (login required)
View Item |