Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Quantum Teaching Pada Pelajaran PKn Kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Nugroho, Agung and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Quantum Teaching Pada Pelajaran PKn Kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan_skripsi.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (258kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui metode Quantum Teaching pada pelajaran PKn siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes. Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki – laki, dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini diawali dengan pra siklus, dimana peneliti bertindak sebagai observer guru kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes, kemudian peneliti melakukan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisi data bersifat kualitatif meliputi tiga unsur yaitureduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa pada pelajaran PKn. Peningkatan minat tersebut terlihat dalam 4 indikator yaitu perasaan senang dalam menerima pelajaran, ketertarikan siswa dari penjelasan materi, perhatian siswa dalam menjawab pertanyaan, keterlibatan siswa dalam mengerjakan soal latihan. Perasaan senang dalam menerima pelajaran pada pra siklus sebanyak 12 siswa sebesar 44,44 %, Siklus I sebesar 18 siswa atau sebesar 66,66 %, dan Siklus II sebanyak 21 siswa atau sebesar 77,77 %. ketertarikan siswa dari penjelasan materi yaitu pada pra siklus sebanyak 13 siswa atau sebesar 48,14%. Siklus I sebanyak 20 siswa atau sebesar 74, 07%, dan Siklus II sebanyak 22 siswa atau sebesar 81,48%. Perhatian siswa dalam menjawab pertanyaan yaitu pada pra siklus sebanyak 14 siswa atau sebesar 51,18%, Siklus I sebanyak 20 siswa atau sebesar 74,07 %, dan Siklus II sebanyak 22 siswa atau sebesar 81,48 %. Keterlibatan siswa dalam mengerjakan soal latihan yaitu pada pra siklus sebanyak 14 siswa atau 51,18 %, Siklus I sebanyak 21 siswa atau sebesar 77,77 %, dan Siklus II sebanyak 23 siswa atau sebesar 85, 18%. Peningkatan minat belajar siswa pada pelajaran PKn dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang diperoleh data pada siklus I sebanyak 18 siswa atau sebesar 66, 66% mengalami ketuntasan, pada siklus II prosentase ketuntasan yang diperoleh sebanyak 22 siswa atau sebesar 81, 48%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa metode pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran PKn kelas IV SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching, minat belajar siswa pada pelajaran PKn yang berdampak pada hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2013 10:42
Last Modified: 27 Oct 2021 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22805

Actions (login required)

View Item View Item