Mahendra, M. Arif and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. and , Masduki, M.Si. (2013) Penggunaan Model Explicit Instruction Melalui Pendekatan Teknik Mnemonic Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 3 Sumberlawang ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (15MB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (10MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (45MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui metode explicit instruction melalui pendekatan teknik mnemonic dan mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada siswa setelah menggunakan metode tersebut. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dilihat dari indikator : (a) pemahaman, (b) keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VII A SMP Negeri 3 Sumberlawang, Sragen tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tiap-tiap indikator hasil belajar dalam penelitian ini mengalami peningkatan. Peningkatan pemahaman meningkat dari 20 % menjadi 76%. Peningkatan keaktifan meliputi : (1) menjawab pertanyaan dari guru dari 8% sebelum tindakan menjadi 48% setelah tindakan, (2) mengerjakan soal di depan kelas dari 8% sebelum tindakan menjadi 28% setelah tindakan, (3) berdiskusi dengan teman saat menyelesaikan soal dari 16% sebelum tindakan menjadi 56% setelah tindakan dan (4) menanyakan materi yang belum jelas dari 4% sebelum tindakan menjadi 40% setelah tindakan. Berdasarkan peningkatan indikatorindikator tersebut dapat disimpulkan bahwa, penggunaan metode explicit instruction melalui pendekatan teknik mnemonic dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran explicit instruction melalui pendekatan teknik mnemonic,keaktifan,dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 22 Feb 2013 10:25 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22804 |
Actions (login required)
View Item |