Penggunaan Model Explicit Instruction Melalui Pendekatan Teknik Mnemonic Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 3 Sumberlawang )

Mahendra, M. Arif and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd. and , Masduki, M.Si. (2013) Penggunaan Model Explicit Instruction Melalui Pendekatan Teknik Mnemonic Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 3 Sumberlawang ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika melalui metode explicit instruction melalui pendekatan teknik mnemonic dan mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada siswa setelah menggunakan metode tersebut. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dilihat dari indikator : (a) pemahaman, (b) keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas VII A SMP Negeri 3 Sumberlawang, Sragen tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tiap-tiap indikator hasil belajar dalam penelitian ini mengalami peningkatan. Peningkatan pemahaman meningkat dari 20 % menjadi 76%. Peningkatan keaktifan meliputi : (1) menjawab pertanyaan dari guru dari 8% sebelum tindakan menjadi 48% setelah tindakan, (2) mengerjakan soal di depan kelas dari 8% sebelum tindakan menjadi 28% setelah tindakan, (3) berdiskusi dengan teman saat menyelesaikan soal dari 16% sebelum tindakan menjadi 56% setelah tindakan dan (4) menanyakan materi yang belum jelas dari 4% sebelum tindakan menjadi 40% setelah tindakan. Berdasarkan peningkatan indikatorindikator tersebut dapat disimpulkan bahwa, penggunaan metode explicit instruction melalui pendekatan teknik mnemonic dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran explicit instruction melalui pendekatan teknik mnemonic,keaktifan,dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Feb 2013 10:25
Last Modified: 03 Nov 2021 02:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22804

Actions (login required)

View Item View Item