Rini, Bekti Sulistya and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode VCT (Value Clarifikation Technique) Pada Siswa Kelas V Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Sd Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta Tahun Ajaran 20012 /2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (421kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (44kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (282kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas beloajar dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Pkn melalui metode Value Clarification Technique (VCT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V yang membantu pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Nusukan yang berjumlah 47 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Pada tehnik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dialog awal, perencanaan, pelaksanaan, observasi refleksi, evaluasi dan penyimpulan. Hasil penelitian yaitu: metode VCT (Value Clarifikation Technique) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Nusukan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data rata-rata aktifitas dari 5 aspek yang telah ditentukan pada pra siklus, siklus I, siklus II, terdapat prosentase keaktifan siswa secara berturut-turut sebagai berikut: 54,38%, 17,39% , 50,00%, 54,38%, 21,73%. Pada siklus I 69,56%, 34,78%, 69,56%, 78,26%, 36,95%. Sedangkan pada siklus II, terdapat prosentase secara berturut-turut sebagai berikut: 76,08%, 80,43%, 76,08%, 89,13%, 78,26%. Sedangkan prosentase pada hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus I, siklus II yaitu 32,61 %, 93,47%, 97,82%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode VCT (Value Clarifikation Technique) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Nusukan pada mata pelajaran PKn tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan siswa, hasil belajar Pkn, VCT (Value Clarifikation Technique) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 21 Feb 2013 12:07 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 09:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22792 |
Actions (login required)
View Item |