Sugandi, Raditya Citra and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Pengaruh Persepsi Guru Tentang Ketrampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
09_naskah_publikasii.pdf Download (190kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
00_Depan.pdf Download (355kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06_Daftar_Pustaka.pdf Download (191kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi guru tentang ketrampilan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru, 2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, 3) pengaruh persepsi guru tentang ketrampilan manajerial kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan ditiga sekolah yakni SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, SMP Muhammadiyah 4 Surakarta, SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dengan populasi sebesar 124 orang guru. Sampel diambil berdasarkan pada tabel Krejie Morgan dengan taraf kepercayaan 95 % yaitu sejumlah 89 orang guru dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dan perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Persepsi guru tentang ketrampilan manajerial kepala sekolah berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,039 > 1,988 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan sumbangan relatif sebesar 51,9% dan sumbangan efektif 27,25%, 2) Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,794 > 1,988 dan nilai signifikansi 0,016 < 0,05, dengan sumbangan relatif sebesar 48,1% dan sumbangan efektif 25,25%, 3) Persepsi guru tentang ketrampilan manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja berpengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 47,518 > 2,711 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,525 menunjukkan besarnya pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel persepsi guru tentang ketrampilan manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap peningkatan kinerja guru adalah sebesar 52,5% sedangkan sisanya sebesar 47,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi guru tentang ketrampilan manajerial kepala sekolah, motivasi kerja, dan kinerja guru. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 20 Feb 2013 08:07 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22775 |
Actions (login required)
View Item |