Pribadi, Danang and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Aritmatika Sosial Dengan Menggunakan Simulasi Transaksi Jual Beli Bagi Siswa Kelas Iii Sdn 02 Salam Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (329kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (231kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III SD Negeri 02 Salam melalui penggunaan strategi pembelajaran simulasi transaksi jual beli. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 02 Salam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan, soal tes, dan daftar nilai kelas III SD Negeri 02 Salam. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, displai data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, data awal siswa yang mencapai ketuntasan minimal adalah 55,6%, pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 72,2%. Pada siklus II hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 94,4%. Yang mana pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu lebih dari 80% siswa mencapai nilai diatas nilai KKM yaitu = 7,0. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran simulasi transaksi jual beli dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri 02 Salam Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran simulasi transaksi jual beli, keaktifan belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2013 07:13 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 09:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22681 |
Actions (login required)
View Item |