Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Aritmatika Sosial Dengan Menggunakan Simulasi Transaksi Jual Beli Bagi Siswa Kelas Iii Sdn 02 Salam Tahun Pelajaran 2011/2012

Pribadi, Danang and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Aritmatika Sosial Dengan Menggunakan Simulasi Transaksi Jual Beli Bagi Siswa Kelas Iii Sdn 02 Salam Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (231kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III SD Negeri 02 Salam melalui penggunaan strategi pembelajaran simulasi transaksi jual beli. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 02 Salam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan, soal tes, dan daftar nilai kelas III SD Negeri 02 Salam. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, displai data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, data awal siswa yang mencapai ketuntasan minimal adalah 55,6%, pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 72,2%. Pada siklus II hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 94,4%. Yang mana pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu lebih dari 80% siswa mencapai nilai diatas nilai KKM yaitu = 7,0. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran simulasi transaksi jual beli dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri 02 Salam Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran simulasi transaksi jual beli, keaktifan belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 07:13
Last Modified: 27 Oct 2021 09:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22681

Actions (login required)

View Item View Item