Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran PKn Melalui Strategi Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Botok Kecamatan Kerjo Tahun Pelajaran 2012/ 2013

Sekarwati, Etik and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. (2013) Peningkatan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran PKn Melalui Strategi Jigsaw Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Botok Kecamatan Kerjo Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (736kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (231kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ada tidaknya peningkatan aktivitas siswadalam pembelajaran PKn melalui strategi jigsaw. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SDN 02 Botok yang berjumlah 12 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu peneliti (guru). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang digunakan adalah model interaktif dan deskriptif kualitatif. Model interaktif digunakan untuk menganalisis data aktifitas siswa. Sedangkan untuk menganalisis data tentang hasil belajar menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn materi tentang sistem pemerintahan kabupaten, kota dan provinsi. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa pada kondisi awal 16,67%. mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 47,92%. dan siklus 2menjadi89,58%. Peningkatan aktivitas tersebut diikuti peningkatan hasil belajar. Hasil belajar pada kondisi awal siswa yang tuntassebanyak 3mengalami peningkatan menjadi 7 siswa yang nilainya diatas KKM (65) pada siklus 1 dan pada siklus 2 menjadi 11 siswayang nilainya diatas KKM (65). Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri 02 Botok kecamatan kerjo tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa, Pembelajaran PKn, Strategi Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 07:04
Last Modified: 01 Nov 2021 14:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22679

Actions (login required)

View Item View Item