Subagyo, Roni Agus and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Ketrampilan Menghitung Keliling Dan Luas Bangun Datar Melalui Strategi Discovery-Inquiry Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Tlobo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (118kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf Download (256kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengembangkan wawasan guru dalam proses inovasi pembelajaran, untuk meningkatkan kwalitas pembelajaran dengan strategi discovery-inquiry, dan untuk meningkatkan ketrampilan menghitung keliling dan luas bangun datar dengan strategi discovery-inquiry. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dilakukan 3 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Tlobo dan guru. Obyek penelitian ini adalah ketrampilan menghitung keliling dan luas bangun datar. Data yang dikumpulkan adalah data pelaksanaan pembelajaran dengan strategi discovery-inquiry dan ketrampilam siswa menghitung keliling dan luas bangun datar. Metode pengumpulan datanya dengan dokumentasi, observasi, dan test. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan penerapan strategi discovery-inquiry pada siklus I terdapat peningkatan dari rata-rata 40 menjadi 60,42. Karena nilai pada siklus I belum mencapai KKM (68) maka dilanjutkan ke siklus II. Siklus II terdapat peningkatan dari rata-rata 60,42 menjadi 66,66. Nilai pada siklus II belum mencapai KKM maka dilanjutkan ke siklus III. Siklus III terdapat peningkatan dari rata-rata 66,66 menjadi 82,44. Penelitian ini berhenti pada silus III karena nilai sudah di atas KKM sehingga dengan pelaksanaan 3 siklus dengan strategi discovery-inquiry dapat meningkatkan ketrampilan menghitung keliling dan luas bangun datar. Jadi dapat disimpulkan hipotesis yang dirumuskan telah terbukti kebenarannya. Terdapat peningkatan kwalitas pelaksanaan pembelajaran dengan strategi discovery-inquiry pada siklus I, siklus II, dan siklus III dan ada peningkatan ketrampilan menghitung keliling dan luas bangun datar dengan pelaksanaan strategi discovery-inquiry.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ketrampilan menghitung keliling dan luas bangun datar, strategi discovery-inquiry |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2013 06:55 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 13:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22676 |
Actions (login required)
View Item |