Kecakapan Hidup Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Kecakapan Akademik Sekolah Menegah Kejuruan (Studi Fenomenologi di SMK IT Smart Informatika Surakarta )

Setyaningsih, Eka (2012) Kecakapan Hidup Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Kecakapan Akademik Sekolah Menegah Kejuruan (Studi Fenomenologi di SMK IT Smart Informatika Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_Halaman_Depan.pdf

Download (282kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_1.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pemahaman siswa SMK IT Smart Informatika Surakarta mengenai kemampuan akademik mengidentifikas variabel dan menggambarkan hubungan antar variabel, (2) Mendeskripsikan pemahaman siswa mengenai kemampuan akademik siswa mengidentifikasi masalah dan menggambarkan hubungan antar permasalahan dalam pembelajaran matematika., (3) Mendeskripsikan keterampilan akademik sebagai bentuk aplikasi siswa SMK IT Smart Informatika Surakarta dalam melakukan suatu penelitian pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Informan adalah guru matematika dan siswa SMK IT Smart Informatika Surakarta. Metode pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan siswa untuk mengembangkan kecakapan akademik dengan mengidentifikasi variabel dan menggambarkan antar variabel membuat siswa mampu memahami sendiri dari konsep yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran matematika. (2) pemahaman siswa untuk menyusun hipotesis dari gambaran sementara pada permasalahan matematika yang akan diselesaika serta mengembangkan kemampuan tersendiri bari siswa untuk membuktikan, (3) kecakapan akademik yang merupakan salah satu anak cabang dari kecakapan hidup menuntut siswa untuk dapat mengembangkan dengan cara melakukan pembuktiaan dengan melakukan suatu penelitian dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecakapan Hidup, Kecakapan akademik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Feb 2013 06:41
Last Modified: 13 Feb 2013 08:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22672

Actions (login required)

View Item View Item