Setyaningsih, Eka (2012) Kecakapan Hidup Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Kecakapan Akademik Sekolah Menegah Kejuruan (Studi Fenomenologi di SMK IT Smart Informatika Surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_Halaman_Depan.pdf Download (282kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_1.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (20MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pemahaman siswa SMK IT Smart Informatika Surakarta mengenai kemampuan akademik mengidentifikas variabel dan menggambarkan hubungan antar variabel, (2) Mendeskripsikan pemahaman siswa mengenai kemampuan akademik siswa mengidentifikasi masalah dan menggambarkan hubungan antar permasalahan dalam pembelajaran matematika., (3) Mendeskripsikan keterampilan akademik sebagai bentuk aplikasi siswa SMK IT Smart Informatika Surakarta dalam melakukan suatu penelitian pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Informan adalah guru matematika dan siswa SMK IT Smart Informatika Surakarta. Metode pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kemampuan siswa untuk mengembangkan kecakapan akademik dengan mengidentifikasi variabel dan menggambarkan antar variabel membuat siswa mampu memahami sendiri dari konsep yang diberikan oleh guru dalam pembelajaran matematika. (2) pemahaman siswa untuk menyusun hipotesis dari gambaran sementara pada permasalahan matematika yang akan diselesaika serta mengembangkan kemampuan tersendiri bari siswa untuk membuktikan, (3) kecakapan akademik yang merupakan salah satu anak cabang dari kecakapan hidup menuntut siswa untuk dapat mengembangkan dengan cara melakukan pembuktiaan dengan melakukan suatu penelitian dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecakapan Hidup, Kecakapan akademik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 13 Feb 2013 06:41 |
Last Modified: | 13 Feb 2013 08:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22672 |
Actions (login required)
View Item |