Wijiyati, Tuning and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dengan Kegiatan Bermain Dalam Kelompok Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 02 Ngadiluwih Matesih Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (223kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (90kB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah kegiatan bermain dalam kelompok dapat meningkatkan Kecerdasan Interpersonal anak TK Pertiwi 02 Ngadiluwih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Oktober 2012 sampai bulan Januari 2013 dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua Siklus. Masing-masing Siklus terdiri dari Perencanaan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Pengamatan (observing), dan Refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi 02 Ngadiluwih. Data yang dikumpulkan berupa Kecerdasan Interpersonal anak dan proses penerapan kegiatan bermain dalam kelompok dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan Metode Komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecerdasan Interpersonal anak melalui kegiatan bermain dalam kelompok mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata prosentase pencapaian dari Siklus I sampai dengan Siklus II. Kecerdasan Interpersonal anak meningkat dari Prasiklus 46,04% menjadi 66.45% pada Siklus I, Siklus II manjadi 83,75%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bermain dalam kelompok dapat meningkatkan Kecerdasan Interpersonal anak kelompok B TK Pertiwi 02 Ngadiluwih
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bermain dalam kelompok, kecerdasan interpersonal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2013 05:40 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22664 |
Actions (login required)
View Item |