Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dengan Kegiatan Bermain Dalam Kelompok Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 02 Ngadiluwih Matesih Tahun Ajaran 2012-2013

Wijiyati, Tuning and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Dengan Kegiatan Bermain Dalam Kelompok Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 02 Ngadiluwih Matesih Tahun Ajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah kegiatan bermain dalam kelompok dapat meningkatkan Kecerdasan Interpersonal anak TK Pertiwi 02 Ngadiluwih, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012-2013. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Oktober 2012 sampai bulan Januari 2013 dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas dua Siklus. Masing-masing Siklus terdiri dari Perencanaan (planning), Pelaksanaan Tindakan (acting), Pengamatan (observing), dan Refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi 02 Ngadiluwih. Data yang dikumpulkan berupa Kecerdasan Interpersonal anak dan proses penerapan kegiatan bermain dalam kelompok dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan Metode Komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kecerdasan Interpersonal anak melalui kegiatan bermain dalam kelompok mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata prosentase pencapaian dari Siklus I sampai dengan Siklus II. Kecerdasan Interpersonal anak meningkat dari Prasiklus 46,04% menjadi 66.45% pada Siklus I, Siklus II manjadi 83,75%. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bermain dalam kelompok dapat meningkatkan Kecerdasan Interpersonal anak kelompok B TK Pertiwi 02 Ngadiluwih

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bermain dalam kelompok, kecerdasan interpersonal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 05:40
Last Modified: 26 Oct 2021 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22664

Actions (login required)

View Item View Item