Penerapan Metode Eksperimen Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A Pada TK Aisyiyah Sanggir Paulan Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013

Haryanti, Haryanti and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2013) Penerapan Metode Eksperimen Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok A Pada TK Aisyiyah Sanggir Paulan Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halmn_Depan.pdf

Download (248kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf

Download (120kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui penerapan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Aisyiyah Sanggir Paulan Colomadu Karanganyar tahun ajaran 2012 / 2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan pendidik. Data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif anak maupun untuk mengetahui proses pembelajaran dengan penerapan metode eksperimen dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik komparatif yaitu membandingkan rata-rata kemampuan anak dengan indikator kinerja setiap siklus serta membandingkan pelaksanaan pembelajaran dengan tahap/prosedur pelaksanaan percobaan/eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak sebelum tindakan sampai dengan Siklus II menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan 39,58%, Siklus I mencapai 67,10% dan pada Siklus II mencapai 82,20%. Berdasarkan analisis dapat diketahui bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Aisyiyah Sanggir Paulan Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, metode eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 13 Feb 2013 05:28
Last Modified: 26 Oct 2021 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22662

Actions (login required)

View Item View Item