Sulistyowati, Novia and , Drs. Sami'an, M.M (2013) Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Media Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi (PTK Pembelajaran Ekonomi di Kelas VIII B Semester Gasal SMP Muhammadiyah 1 Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (483kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (477kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka )
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa melalui penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media Power Point. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII B SMP Muhammadiyah I Kartasura yang berjumlah 34 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah hasil belajar ekonomi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, metode tes, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar ekonomi siswa. Peningkatan hasil belajar ini dapat dilihat dari meningkatnya indikator, yaitu nilai tes mandiri lebih dari sama dengan 64. Sebelum tindakan, nilai tes mandiri yang mencapai ≤ 64 sebanyak 22 siswa atau 64,71% dengan nilai rata-rata kelas 67. Pada tindakan kelas siklus I, nilai tes mandiri yang mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 29 siswa atau 85,29% dengan nilai rata-rata kelas 78,44. Selanjutnya pada tindakan kelas siklus II, yang dinyatakan tuntas dalam tes mandiri sebanyak 33 siswa atau 97,06% dengan nilai rata-rata kelas 81,27. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media Power Point dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, contextual teaching and learning, power point |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Feb 2013 08:55 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 02:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22656 |
Actions (login required)
View Item |