Indrianto, Nova (2012) Implementasi Strategi Komunikasi Pemasaran Indosat Dalam Memahami Customer Value ( Studi Kasus : Program IM3 Seru Anti Galau di Surakarta dengan Metode Deskriptif Kualitatif ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (271kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Persaingan di bidang jasa telepon seluler saat ini semakin ketat. Hal ini menuntut perusahaan telekomunikasi yang bergerak di bidang jasa telepon seluler untuk senantiasa melakukan inovasi dan berbagai langkah strategis terutama guna mempertahankan brand sekaligus mampu bersaing dengan produk lain. Dalam menghadapi persaingan bisnis di bidang jasa telepon seluler PT. Indosat cabang Surakarta memiliki strategi khusus untuk menghadapi persaingan bisnis di bidang jasa telepon seluler. Implementasi strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Indosat adalah dengan menggunakan program IM3 Seru Anti Galau yang mampu menghadirkan keseruan berselancar didunia maya dengan internetan berkecepatan hingga 2Mbps, seru menelepon, seru SMS, dan seru gratis social network sepuasnya yang dipersembahkan oleh Indosat untuk menyenangkan konsumen dengan memberikan manfaat yang beraneka ragam. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang digunakan Indosat melalui program IM3 Seru Anti Galau untuk memberikan nilai tambah kepada konsumennya. Untuk meningkatkan ekuitas merek, Indosat melalui programnya IM3 Seru Anti Galau mengaplikasikan teori 4P yaitu Product ( produk ), Price ( harga ), Place ( tempat ), dan Promotion ( promosi ). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus sehingga tipe yang digunakan adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun untuk keabsahan datanya menggunakan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian dapat dijelaskan bahwa Indosat cabang Surakarta telah melakukan komunikasi pemasaran terpadu dalam menghadapi persaingan bisnis di bidang jasa telepon seluler. Indosat cabang Surakarta lebih mengoptimalkan pelaksanaan komunikasi pemasaran terpadu pada semua bauran promosi yang ada. Selain itu konsep komunikasi pemasaran terpadu sendiri telah diperluas oleh Indosat dengan menyentuh berbagi aspek yang terkait dengan perusahaan seperti launching program dengan memberikan merchandise, kunjungan ke sekolah-sekolah. Strategi yang dilakukan Indosat cabang Surakarta untuk menghadapi persaingan yaitu dengan memperbanyak pemberian bonus dan memperluas jaringan melalui adanya titik-titik layanan konsumen dengan penambahan saluran distribusi dan pemasaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, komunikasi pemasaran terpadu, customer value |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Feb 2013 06:38 |
Last Modified: | 11 Feb 2013 06:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22634 |
Actions (login required)
View Item |