Korelasi Antara Pola Kepemimpinan Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV SDN 03 Wonorejo Jatiyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Suyanto, Suyanto and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Korelasi Antara Pola Kepemimpinan Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV SDN 03 Wonorejo Jatiyoso Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (450kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (381kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (266kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Pendidikan dalam keluarga merupakan dasar bagi pendidikan anak selanjutnya, atau dapat pula dikatakan bahwa keluarga merupakan peletak dasar bagi pendidikan yang pertama dan utama. Dikatakan demikian karena segala pengetahuan, kecerdasan, intelektual, maupun minat anak diperoleh pertama-tama dari orang tua (keluarga) dan anggota keluarga lainnya.. Oleh karena itu orang tua harus menanamkan nilai-nilai yang sangat diperlukan bagi perkembangan kepribadian anak-anaknya, sehingga anak akan tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, tangguh dan memiliki sifat-sifat kepribadian yang baik pula, seperti tidak mudah marah, tidak mudah emosional, mampu beradaptasi dan lain sebagainya Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada hubungan antara pola kepemimpinan orang tua dengan kemandirian belajar siswa kelas IV SDN 03 Wonorejo Jatiyoso Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013”. Populasi dalam penelitian ini adalah 14 siswa, 5 siswa putra dan 9 siswa putri kelas IV SDN 03 Wonorejo tahun ajaran 2012/2013. Data dikumpulkan melalui metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan koefisien korelasi antara pola kepemimpinan orang tua dengan kemandirian belajar sebesar 0,312, berarti menunjukkan koefisien korelasinya cukup/sedang. Ini berarti nilai rhitung sebesar 0,312, sedangkan nilai rtabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,5324 berarti rhitung 0,312 < rtabel 0,5324 berarti “Ho” ditolak dan “Ha” diterima. Sedangkan nilai sig (2-tailed) yang ada dibawah nilai korelasi menunjukkan angka 0,000 yang berarti nilai sig ini lebih besar dari 0,05 maka nilai korelasi tersebut signifikan. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa” Ada korelasi antara pola kepemimpinan orang tua dengan kemandirian belajar siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Wonorejo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013”. Koefisien korelasi antara pola kepemimpinan orang tua dengan kemandirian belajar sebesar 0,312, berarti menunjukkan koefisien korelasinya cukup/sedang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola kepemimpinan orang tua, kemandirian belajar .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 08 Feb 2013 12:28
Last Modified: 27 Oct 2021 01:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22632

Actions (login required)

View Item View Item