Hubungan Antara Intensitas Iskhialgia dengan Disabilitas Aktivitas Sehari-Hari pada Pasien Hernia Nukleus Pulposus (HNP) di RS. Dr Moewardi Surakarta

Naufal, Rahmat and , dr. Ani Rusnani Fibriani, Sp.S and , dr. Endang Widhiyastuti (2013) Hubungan Antara Intensitas Iskhialgia dengan Disabilitas Aktivitas Sehari-Hari pada Pasien Hernia Nukleus Pulposus (HNP) di RS. Dr Moewardi Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9R._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)

Abstract

Latar Belakang: Nyeri pada HNP (iskhialgia) adalah nyeri radikuler sepanjang nervus iskhiadikus. Iskhialgia paling banyak terjadi pada usia produktif. Disabilitas merupakan suatu keterbatasan atau ketidakmampuan seseorang dalam melakukan aktivitas fungsional sehari-hari. Minimnya ketersediaan data epidemiologi menjadi latar belakang untuk meneliti adanya hubungan antara intensitas iskhialgia dengan disabilitas aktivitas sehari-hari pada pasien Hernia Nukleus Pulposus (HNP). Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara intensitas Iskhialgia dengan disabilitas aktivitas sehari-hari pada pasien HNP di RSUD Dr.Moewardi Surakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian epidemiologik analitik dengan pendekatan Cross Sectional untuk mengetahui hubungan antara intensitas nyeri iskhialgia dengan disabilitas aktivitas sehari-hari. Jumlah sampel adalah 52 orang dengan keluhan nyeri iskhialgia diskogenik, didapatkan dari pencuplikan non random dengan teknik convenience sampling. Data diperoleh dari pengisian kuesioner Visual Analogue Scale (VAS) dan Oswestry Disability Index. Hasil: Untuk pengujian hipotesis digunakan uji Gamma and Sommers’d. Didapatkan nilai korelasi antar variable kuat (r =0.717) dan nilai signifacancy 0,00 (p < 0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara intensitas iskhialgia dengan disabilitas aktivitas sehari-hari pada pasien HNP di poliklinik saraf RSUD Dr.Moewardi Surakarta, yaitu jika terjadi peningkatan nilai intensitas iskhialgia akan diikuti juga dengan peningkatan pada disabilitas aktivitas sehari-hari.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hernia Nukleus Pulposus, intensitas iskhialgia, disabilitas aktivitas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Feb 2013 07:08
Last Modified: 03 Nov 2021 00:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22564

Actions (login required)

View Item View Item