Kurniawan, Fathu (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Dengan Media Video Compact Disk Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Pojok Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
1._Halaman_Depan.pdf Download (246kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._Bab_1.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Bab II)
3._Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
||
PDF (Bab III)
4._Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
||
PDF (Bab V)
6._Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
7._Daftar_Pustaka.pdf Download (11kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
0._Naskah_Publikasi.pdf Download (240kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 02 Pojok Mojogedang kabupaten Karanganyar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif STAD dengan media video compact disk tahun ajaran 2011/2012. Subjek dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV (berjumlah 20 siswa) SD Negeri 02 Pojok, tahun ajaran 2011/2012. Objek dari penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan pembelajaran kooperatif STAD dengan media VCD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa mencapai persentase 65% dan masih ada 7 siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM. Sedangkan hasil penelitian siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ketuntasan belajar siswa mencapai persentase 85%. Berdasarkan keseluruhan siklus yang telah dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa, "Pembelajaran Metode STAD (student team achievement divisions) dan Media VCD (video compact disc) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Pojok kecamatan Mojogedang Tahun Ajaran 2011/2012”.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STAD (student teams achievement devision), hasil belajar IPA, VCD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 28 Jan 2013 11:23 |
Last Modified: | 28 Jan 2013 12:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22447 |
Actions (login required)
View Item |