Model Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Operasi Hitung (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri 1 Gumiwang Lor)

Wicaksono, Andi Budi and , Drs. H. Ariyanto, M. Pd. and , Dra. Sri Sutarni, M. Pd. (2013) Model Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Operasi Hitung (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri 1 Gumiwang Lor). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (549kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan penguasaan konsep operasi hitung, (2) meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) sub pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan. Subyek penelitian adalah guru matematika sebagai subyek yang memberi tindakan, kepala sekolah bertindak sebagai subyek yang membantu perencanaan dan pengumpulan data serta siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, test, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian ini, analisis data dilaksanakan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran ilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung yaitu dalam tiga putaran. Hasil penelitian tindakan ini adalah terjadi peningkatan penguasaan konsep operasi hitung dalam: (1) menjawab pertanyaaan dari guru meningkat menjadi 75%, (2) mengajukan pertanyaaan kepada guru meningkat menjadi 79,17%, (3) memberi tanggapan atas jawaban siswa lain meningkat menjadi 66.67%, (4) membuat kesimpulan materi meningkat menjadi 83,34%, (5) memanfaatkan sumber belajar yang ada meningkat menjadi 87,5%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan: (1) latihan mandiri meningkat menjadi 79,17%, (2) latihan terkontrol meningkat menjadi 83,34%, (3) tugas mandiri meningkat menjadi 91,67%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) meningkatkan penguasaan konsep operasi hitung siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penguasaan, konsep, kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Jan 2013 08:12
Last Modified: 03 Nov 2021 01:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22438

Actions (login required)

View Item View Item