Wicaksono, Andi Budi and , Drs. H. Ariyanto, M. Pd. and , Dra. Sri Sutarni, M. Pd. (2013) Model Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Operasi Hitung (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas IV SD Negeri 1 Gumiwang Lor). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (549kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan penguasaan konsep operasi hitung, (2) meningkatkan hasil belajar melalui pembelajaran berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) sub pokok bahasan penjumlahan dan pengurangan pecahan. Subyek penelitian adalah guru matematika sebagai subyek yang memberi tindakan, kepala sekolah bertindak sebagai subyek yang membantu perencanaan dan pengumpulan data serta siswa kelas IV yang berjumlah 24 siswa sebagai subyek yang menerima tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, test, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian ini, analisis data dilaksanakan secara diskriptif kualitatif dengan metode alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran ilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran berlangsung yaitu dalam tiga putaran. Hasil penelitian tindakan ini adalah terjadi peningkatan penguasaan konsep operasi hitung dalam: (1) menjawab pertanyaaan dari guru meningkat menjadi 75%, (2) mengajukan pertanyaaan kepada guru meningkat menjadi 79,17%, (3) memberi tanggapan atas jawaban siswa lain meningkat menjadi 66.67%, (4) membuat kesimpulan materi meningkat menjadi 83,34%, (5) memanfaatkan sumber belajar yang ada meningkat menjadi 87,5%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan: (1) latihan mandiri meningkat menjadi 79,17%, (2) latihan terkontrol meningkat menjadi 83,34%, (3) tugas mandiri meningkat menjadi 91,67%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa melalui pembelajaran berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) meningkatkan penguasaan konsep operasi hitung siswa dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penguasaan, konsep, kontekstual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Jan 2013 08:12 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 01:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22438 |
Actions (login required)
View Item |