Pengelolaan Akreditasi Sekolah (Studi Situs SD Negeri 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo)

Supriyatno, Supriyatno (2012) Pengelolaan Akreditasi Sekolah (Studi Situs SD Negeri 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (569kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (107kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penyusunan evaluasi diri sekolah dalam akreditasi sekolah di SDN 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. (2) proses visitasi dalam akreditasi sekolah di SDN 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. (3) hasil akreditasi sekolah di SDN 2 Mranti Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan desain etnografi. Subjek utama penelitian adalah kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) Pengumpulan Data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil Penelitian ini adalah (1). Penyusunan evaluasi diri sekolah di SDN 2 Mranti dilakukan oleh tim khusus yang dibentuk oleh kepala sekolah. Penyusunan dilakukan sebelum tahun pelajaran baru berlangsung yang dilakukan dengan pengumpulan data dari Standar Nasional Pendidikan(SNP). Evaluasi Diri Sekolah(EDS) berisi pengisian instrumen EDS dan juga bukti fisik untuk masingmasing butir SNP. Format penyusunannya berupa cheklist untuk setiap butir SNP yang menggambarkan kondisi riil sekolah. Susunan EDS dimasukkan ke dalam stopmap dengan warna yang berbeda untuk setiap tahunnya. Hasil penyusunan EDS akan ditindak lanjuti dengan melakukan perbaikan dari kondisi SNP yang nilainya rendah, sehingga ketika dilakukkan akreditas pihak sekolah mendapatkan nilai yang baik. (2) Proses visitasi dalam akreditasi sekolah di SDN 2 Mranti berjalan lancar dan sesuai prosedur. Proses tersebut diawali dengan pengajuan surat pelaksanaan akreditasi yang dilengkapi dengan dokumen EDS kepada BAS kabupaten. Pihak BAS akan melakukan penilaian kelayakan, kemudian mengirim surat pemberitahuan tentang jadwal pelaksanaan visitasi. Sekolah meyediakan ruang khusus untuk proses visitasi. Tim khusus mendampingi asesor dalam melakukan penilaian SNP dengan cara mengecek dokumen, wawancara, dan juga observasi di lingkungan sekolah. (3) Hasil akreditasi sekolah di SDN 2 Mranti mengalami peningkatan dari hasil akreditasi sebelumnya. Pada tahun 2002 hasil akreditasi menunjukkan SDN 2 Mranti mendapatkan nilai 79, sedangkan pada tahun 2010 mendapatkan nilai 86,81. Pencapaian tersebut tidak terlepas dari kerja keras warga sekolah khususnya tim khusus. Peningkatan hasil tersebut berdampak positif terhadap kondisi sekolah seperti peningkatan kedisiplinan guru, lengkapnya sarana dan prasarana, angka kelulusan mencapai 100%, dan juga proses pembelajaran yang berjalan interaktif.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: akreditasi, eds, visitasi, hasil
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Jan 2013 08:48
Last Modified: 22 Jan 2013 08:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22407

Actions (login required)

View Item View Item