Indrasari, Renni (2006) Peningkatan Respon Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pakem(PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SD N Ngemplak Lasem Rembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (281kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan respon, keaktifan, dan kreativitas siswa terhadap matematika sampai 75 % dengan menggunakan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Subyek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Ngemplak Lasem Rembang sejumlah 33 orang. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika, dan kepala sekolah. Analisis data secara kualitatif melalui tiga alur. Data hasil penelitian menyimpulkan terdapat peningkatan respon siswa terhadap matematika, yaitu : 1) kesiapan siswa menerima pelajaran pada putaran I 48,48%, putaran II 69,69%, dan putaran III 81,81%, 2) siswa yang membawa buku paket pada putaran I 33,33%, putaran II 63,63%, dan putaran III 78,78%, 3) siswa yang mempersiapkan tugas/PR pada putaran I 72,72%, putaran II 84,84%, dan putaran III 93,93%, 4) siswa yang konsentrasi mengikuti kegiatan belajar mengajar pada putaran I 42,42%, putaran II 57,57%, dan putaran III 75,75%, serta 5) siswa yang mencatat hasil pembahasan pada putaran I 72,72%, putaran II 81,81%, dan putaran III 87,87%. Keaktifan siswa mengalami peningkatan, yaitu : 1) keaktifan bertanya pada putaran I 45,45%, putaran II 57,57%, dan putaran III 78,78%, 2) keaktifan menjawab pertanyaan pada putaran I 54,54%, putaran II 66,66%, dan putaran III 75,75%, serta 3) keaktifan mengerjakan soal pada putaran I 51,51%, putaran II 60,60%, dan putaran III 78,78%. Kreativitas siswa mengalami peningkatan, yaitu : 1) kreativitas menggunakan alat peraga pada putaran I 33,33%, putaran II 75,75%, dan putaran III 84,84%, serta 2) kreativitas mengemukakan ide pada putaran I 27,27%, putaran II 51,51%, dan putaran III 75,75%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan PAKEM dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan respon, keaktifan, dan kreativitas siswa mencapai 75%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | respon siswa, pembelajaran matematika, pendekatan PAKEM |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 02 Jan 2013 11:08 |
Last Modified: | 02 Jan 2013 11:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22286 |
Actions (login required)
View Item |