Widyawati, Dyah (2006) Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Program Linear Yang Menggunakan Metode Branch & Bound Dengan Metode Grafik & Simpleks. Skripsi thesis, Universits Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (193kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (187kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (179kB) |
|
|
PDF (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf Download (179kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar program linear pada mahasiswa semester IV. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 (empat) kelas, sedangkan sampel penelitian sebanyak 2 (dua) kelas melalui teknik cluster random sampling. Dari dua kelas tersebut dikelompokkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pokok yaitu metode tes dan metode bantu yaitu metode dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data dengan uji t diperoleh t hitung = 5,545 sedang t tabel =1,96 dengan taraf signifikasi 5%. Karena thitung = 5,545 sedang t tabel =1,96 dengan taraf signifikasi 5 %. Maka t hitung = 5,545 > t tabel = 1,96 sehingga Ho tidak diterima. Berarti terdapat perbedaan prestasi belajar antara penyelesaian permasalahan program linear yang menggunakan metode Branch & Bound dengan metode Grafik & Simpleks. Dari data diperoleh mean kelompok eksperimen 65,38 sedangkan mean kelompok kontrol 80,00 artinya bahwa mahasiswa yang diajar menyelesaikan permasalahan program linear dengan metode Branch & Bound memiliki prestasi belajar yang lebih jelek dari metode Grafik & Simpleks, sehingga dapat disimpulkan bahwa penyelesaian program linear dengan metode Branch & Bound lebih jelek dari penyelesaian program linear yang menggunakan metode Grafik & Simpleks.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode penyelesaian program linear, Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 21 Dec 2012 10:58 |
Last Modified: | 04 Jan 2013 10:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22247 |
Actions (login required)
View Item |