Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Program Linear Yang Menggunakan Metode Branch & Bound Dengan Metode Grafik & Simpleks

Widyawati, Dyah (2006) Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Program Linear Yang Menggunakan Metode Branch & Bound Dengan Metode Grafik & Simpleks. Skripsi thesis, Universits Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (193kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img]
Preview
PDF (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar program linear pada mahasiswa semester IV. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 4 (empat) kelas, sedangkan sampel penelitian sebanyak 2 (dua) kelas melalui teknik cluster random sampling. Dari dua kelas tersebut dikelompokkan menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pokok yaitu metode tes dan metode bantu yaitu metode dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji t. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari analisis data dengan uji t diperoleh t hitung = 5,545 sedang t tabel =1,96 dengan taraf signifikasi 5%. Karena thitung = 5,545 sedang t tabel =1,96 dengan taraf signifikasi 5 %. Maka t hitung = 5,545 > t tabel = 1,96 sehingga Ho tidak diterima. Berarti terdapat perbedaan prestasi belajar antara penyelesaian permasalahan program linear yang menggunakan metode Branch & Bound dengan metode Grafik & Simpleks. Dari data diperoleh mean kelompok eksperimen 65,38 sedangkan mean kelompok kontrol 80,00 artinya bahwa mahasiswa yang diajar menyelesaikan permasalahan program linear dengan metode Branch & Bound memiliki prestasi belajar yang lebih jelek dari metode Grafik & Simpleks, sehingga dapat disimpulkan bahwa penyelesaian program linear dengan metode Branch & Bound lebih jelek dari penyelesaian program linear yang menggunakan metode Grafik & Simpleks.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode penyelesaian program linear, Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 21 Dec 2012 10:58
Last Modified: 04 Jan 2013 10:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22247

Actions (login required)

View Item View Item