Umaiyah, Jahrotun (2006) Eksperimentasi Pengajaran Matematika Menggunakan Metode Diskusi Dengan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa. Skripsi thesis, Universits Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (232kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (104kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf Download (167kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan metode mengajar terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode mengajar dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Brebes tahun ajaran 2005/2006. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 2A sebanyak 40 sebagai kelas eksperimen dan kelas 2C sebanyak 40 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengujian matching menunjukkan bahwa kedua kelas dalam keadaan yang seimbang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisis pada a = 5% disimpulkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan metode mengajar terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar dengan Fa=4,09 > Ftab=3,96. (2) tidak ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar dengan Fb=2,72 < Ftab=3,96. (3) tidak ada interaksi antara metode mengajar dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar dengan Fab=3,11 < Ftab=3,96.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode diskusi, alat peraga, bangun datar, aktivitas siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 21 Dec 2012 10:35 |
Last Modified: | 04 Jan 2013 10:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22245 |
Actions (login required)
View Item |