Kusumawati, Fitri Oktaria (2004) Keterkaitan Antara Dimensi Kualitas Jasa Dengan Keputusan Konsumen Untuk Menjadi Nasabah Pada BPD Cabang Surakarta Tahun 2004. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_depan.pdf Download (98kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: a) mengetahui bagaimana keterkaitan faktor-faktor dimensi kualitas jasa dengan keputusan konsumen menjadi nasabah Bank Pembangunan Daerah Cabang Surakarta; dan, b) faktor dimensi kualitas jasa yang mempunyai keterkaitan kuat dengan keputusan konsumen menjadi nasabah Bank Pembangunan Daerah Cabang Surakarta. Penelitian ini mengambil objek penelitian para nasabah Bank Pembangunan Daerah Cabang Surakarta dengan bentuk penelitian survei. Penelitian ini bersifat explanatory riset yaitu menjelaskan keterkaitan penilaian dimensi kualitas jasa dengan keputusan konsumen untuk menjadi nasabah pada Bank Pembangunan Daerah Cabang Surakarta. Populasi penelitian adalah semua nasabah Bank Pembangunan Daerah Cabang Surakarta yang terdaftar mulai bulan Januari hingga bulan Maret tahun 2004, yaitu sebanyak 1012 nasabah. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang nasabah diambil dengan menggunakan metode convenience sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan alat analisis chi square dan koefisien kontingensi untuk mengetahui besarnya keterkaitan faktor-faktor dimensi kualitas jasa terhadap keputusan pembelian konsumen untuk menjadi nasabah BPD Cabang Surakarta. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: a) terdapat keterkaitan faktor-faktor dimensi kualitas jasa yang meliputi tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy dengan keputusan konsumen untuk menjadi nasabah; dan b) faktor dimensi kualitas jasa yang mempunyai keterkaitan paling kuat dengan karakteristik konsumen adalah faktor empathy yang meliputi penerimaan nasabah, proses menjadi nasabah, aksesibilitas dan tanggap pada konsumen terhadap faktor usia konsumen. Hal ini dapat dilihat dari selisih nilai C dan Cmaks yang merupakan selisih terkecil, yaitu sebesar 0,331. Dari hasil penelitian dan analisis data yang telah disimpulkan diatas, dapat diajukan saran-saran sebagai berikut: a) Bank Pembangunan Daerah Cabang Surakarta selaku penyedia layanan jasa perbankan harus lebih meningkatkan kualitas pelayanan terhadap nasabah; b) bank yang mempunyai fungsi sebagai media perantara keuangan (financial intermediary) antara debitur dan kreditur dana harus mampu memberikan jaminan terhadap keamanan uang nasabah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2012 11:32 |
Last Modified: | 20 Dec 2012 11:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22238 |
Actions (login required)
View Item |