SUHARTA, EDY THOMAS (2012) Pengelolaan Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Di Smp Negeri 5 Yogyakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (661kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (395kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
||
|
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Download (232kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (133kB) |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan pentingnya pencapaian pembelajaran yang bermutu melalui pengelolaan e-learning. Pengelolaan e-learning diharapkan dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran pada rintisan sekolah bertaraf internasional. Pemanfaatan e-learning pada proses pembelajaran rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) di SMPN 5 Yogyakarta meliputi |(1) |kebijakan pemanfaatan e-learning dalam proses pembelajaran;(2) pemahaman dan penguasaan guru RSBI terhadap e-learning(2) pemahaman dan penguasaan peserta didik RSBI terhadap e-learning ;(3) kesiapan infrastruktur pemanfaatan e-learning;(4) penyelenggaraan e-learning dalam proses pembelajaran RSBI;(5) dampak e-learning terhadap peningkatan mutu proses pembelajaran RSBI di SMPN 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subyek penelitian terdiri dari penanggung jawab program RSBI, admin e-learning, guru dan peserta didik program RSBI. Instrumen penelitian adalah pedoman wawancara, pedoman observasi dan pedoman dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui tahap reduksi data, display dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan :( 1) kebijakan pemanfaatan e-learning di SMPN 5 Yogyakarta tersirat dalam visi misi sekolah;(2) pemahaman dan penguasaan guru RSBI terhadap e-learning meliputi pengetahuan guru tentang e-learning dan kemampuan guru menggunakan e-learning yang terlihat dari penggunaan atau tidaknya oleh guru dalam proses pembelajaran;(2) pemahaman dan dan penguasaan peserta didik RSBI terhadap e-learning meliputi pengetahuan dan kemampuan pesert didik menggunakan e-learning yang terlihat pada pengetahuan dan kemampuan peserta didik untuk akses e-learning (3) kesiapan infrastruktur pemanfaatan elearning meliputi kesiapan hardware software dan brainware ;(4) penyelenggaraan elearning menggunakan metode asynchronous e-learning yaitu guru dan peserta didik online di di tempat dan waktu yang berbeda, berfungsi sebagai suplemen pembelajaran tatap muka sehingga pelaksanaanya terpisah dari pembelajaran di kelas ;(5) dampak e-learning terhadap peningkatan mutu proses pembelajaran RSBI adalah adanya peningkatan pemahaman dan penguasaan peserta didik terhadap materi pelajaran karena keaktifan, kemandirian serta motivasi peserta didik untuk mempelajari materi e-learning
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan pembelajaran, e-learning, RS |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 20 Dec 2012 05:15 |
Last Modified: | 20 Dec 2012 05:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22230 |
Actions (login required)
View Item |