Wahyuningsih, Siti Nur (2012) Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Xi Di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMA Batik 1 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_..pdf Download (779kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) |
||
|
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Download (48kB) |
|
|
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Download (19kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Artikel_Publikasi_1..pdf Download (137kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah a) Mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XI di RSBI SMA Batik 1 Surakarta. b) Mendeskripsikan aktivitas siswa kelas XI dalam pembelajaran bahasa Indonesia di RSBI SMA Batik 1 Surakarta. c) Mendiskripsikan evaluasi hasil pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XI di RSBI SMA Batik 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Batik 1 Surakarta. Informasn kepala sekolah, guru dan siswa. Pengumpulan data tertata dalam situs. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: (1) Aktivitas guru dalam Pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Batik 1 Surakarta meliputi: Perencanaan pembelajaran dimulai dengan menganalisis silabus dan RPP; pelaksanaan pembelajaran meliputi: Kegiatan awal pembelajaran ditandai dengan apersepsi, kegiatan inti pembelajaran ditandai dengan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, kegiatan penutup pembelajaran ditandai dengan kegiatan guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah disampaikan dan menyampaikan materi pembelajaran untuk pertemuan yang akan dating. (2) Aktivitas siswa kelas XI dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Batik 1 Surakarta meliputi: Perencanaan pembelajaran yang dimulai dari persiapan belajar di rumah; pelaksanaan pembelajaran meliputi: kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan kegiatan akhir/penutup pembelajaran. (3) Evaluasi hasil pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XI di Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMA Batik 1 Surakarta meliputi: Awal pembelajaran melalui pre tes; proses pembelajaran setelah menyelesaikan beberapa kompetensi dasar (KD) paling tidak dalam satu semester diadakan tiga kali ulangan harian, satu kali mid semester, dan satu kali semesteran. Guru melakukan hasil evaluasi pembelajaran dengan menentukan tindak lanjut pembelajaran berupa pengayaan dan remidi
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, pembelajaran bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 10:13 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 10:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22212 |
Actions (login required)
View Item |