Dewanti, Didik (2012) Pengelolaan Kompetensi Profesional Guru Di SMA Negeri 1 Sukodono Kabupaten Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00_judul.pdf Download (308kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_bab_1.pdf Download (308kB) |
|
PDF (Bab II)
02_bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
||
PDF (Bab III)
03_bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
||
PDF (Bab V)
05_bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
PDF (Bab VI)
06_bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07_daftar_pustaka.pdf Download (291kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10_naskah_publikasi.pdf Download (478kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini ada dua tujuan (1) Mendeskripsikan ciri-ciri pengembangan kompetensi profesional guru yang dilakukan oleh sekolah di SMA Negeri 1 Sukodono Sragen. (2) Mendeskripsikan ciri-ciri kegiatan guru dalam pengembangan profesional guru di SMA Negeri 1 Sukodono Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian etnografi. Peneliti mengambil lokasi di SMA Negeri 1 Sukodono Sragen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam, dan observasi. Analisis data menggunakan metode analisis etnografis. Hasil penelitian ini ada dua (1) Kegiatan pengembangan profesionalisme guru dilakukan secara internal berupa kegiatan workshop yang dilakukan secara kontinu dan berkelanjutan. Program pengembangan profesionalisme guru diimplementasikan dalam suatu kegiatan guru dalam mengembangkan kurikulum, dan silabus menjadi RPP dan perangkat pembelajaran lainnya, dan dilakukan setiap tahun secara kontinu. Dalam meningkatkan pemahaman guru terhadap materi standar kepala sekolah mengirimkan beberapa guru untuk mengikuti pelatihan yang difasilitasi oleh pemerintah, dan memberlakukan deservikasi program yang merupakan penggunaan metode dan media pembelajaran yang berbeda saat melakukan pengajaran di kelas. Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan peserta didik kepala sekolah melakukan pendekatan secara personal dengan guru dan melakukan supervisi, dan memberikan motivasi guru untuk membuat sebuah penelitan tindakan kelas yang akan difasilitasi oleh sekolah, serta memberikan keleluasaan kepada guru untuk mengukuti program-program peningkatan profesionalime guru baik yang dilakukan secara internal maupun eksternal. (2) Kegiatan guru dalam pengembangan profesional di SMA Negeri 1 Sukodono Sragen, masih terbatas pada peningkatan kemampuan dasar mengajar dan pengembangan kurikulum. Untuk mengembangkan profesional guru, setiap guru aktif untuk mengikuti MGMP mata pelajaran tingkat kabupaten sesuai dengan jadwal yang sudah diatur, dan melaporkan hasil kegiatan MGMP kepada kepala sekolah, dalam pelaksanaan pembelajaran guru berupaya untuk melakukan modivikasi terhadap materi standar dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, dengan tetap mementingkan keaktifan siswa dalam belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | program, upaya, kegiatan guru. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 07:56 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 07:58 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22211 |
Actions (login required)
View Item |