Faizun, Adi (2012) engelolaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) di SMK Karya Medika Ketanggungan Brebes. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (536kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (478kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (285kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_TESIS.pdf Download (552kB) |
Abstract
Pelaksanaan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Aktivitas guru dalam pembelajaran komputer (2) Pengelolaan kelas selama pembelajaran (3) Respon siswa terhadap pelajaran komputer dan (4) Media pendukung dalam pembelajaran komputer di SMK Karya Medika Ketanggungan Brebes. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Karya Medika Ketanggungan Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain etnografi. Dalam Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan langkah-langkah: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai (1) Aktivitas guru dalam pembelajaran komputer sebelum melaksanakan kegiatanpembelajaran di kelas diawali dengan kegiatan perencanaan, semakin guru matang dalam merencanakan pembelajaran aktivitas pembelajaran akan semakin baik dan lancar, kemudian dilanjutkan proses kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dengan adanya kegiatan awal, kegiatan inti dan penutup dalam pembelajaran, selanjutnya adanya pengawasan selama pembelajaran yang penting untuk dilakukan agar suasana pembelajaran dapat terkontrol dan kondusif, dan evaluasi pembelajaran yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana berhasil tidaknyapembelajaran komputer yang sudah dilaksanakan selama ini, (2) Pengelolaan kelas selama pembelajaran yang bertujuan agar selama pembelajaran siswa dapat menikmati suasana belajar, (3) Respon siswa terhadap pelajaran komputer, sebagian besar siswa SMK Karya Medika Ketanggungan meminati adanya pelajaran komputer, (4) Media pendukung dalam pembelajaran adalah komputer dan perangkatnya agar tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan memudahkan bagi para siswanya dalam memahami materi yang disampaikan (ajarkan).
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Pembelajaran dan Teknologi Informasi dan Komputer |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 07:06 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 07:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22204 |
Actions (login required)
View Item |