Santoso, Hanjar (2012) Pengembangan Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik Berbasis Praktikum di SMK Batur Jaya I Ceper Klaten. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
12._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (432kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) pembelajaran mata pelajaran instalasi penerangan listrik berbasis praktikum yang dilakukan oleh guru terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi; dan (2) pengembangan pembelajaran instalasi penerangan listrik berbasis praktikum yang dilakukan oleh guru yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di SMK Batur Jaya 1 Ceper Klaten. Design penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Lokasi penelitian di SMK Batur Jaya I Ceper Klaten. Subjek penelitian adalah guru produktif dan siswa. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Pembelajaran Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Berbasis Praktikum diberikan kepada kelas X dan kelas XI dengan metode ceramah, diskusi, tanya-jawab, dan praktek. Perencanaan pembelajaran meliputi menyusun RPP dan menyiapkan media pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan dengan teori dan praktikum. Evaluasi pembelajaran melalui tes tertulis, wawancara, dan praktek; dan (2) Pengembangan Pembelajaran Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Berbasis Praktikum dilakukan terhadap materi pembelajaran dan alat atau media pembelajaran. Pengembangan materi dilakukan melalui pengalaman yang diperoleh dari pelatihan, aplikasi secara nyata, mempelajari buku-buku pelajaran, serta membuat job sheet pembelajaran. Pengembangan alat atau media adalah dengan menambah alat-alat yang jarang ditemui. Evaluasi pengembangan pembelajaran melalui pengamatan diri maupun menggali dari guru-guru yang bersangkutan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Instalasi Penerangan Listrik, Praktikum. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 06:44 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 07:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22203 |
Actions (login required)
View Item |