Nurhidayat, Achmad (2012) Kebijakan Pemkot Pada Pendidikan Anak Jalanan (Studi Kasus Pemerintah Kota Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (533kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (128kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (813kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (397kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, proses pembelajaran dan kendala dalam pengelolaan kebijakan pemerintah kota Surakarta pada pendidikan anak jalanan. Metode penelitian yang dipakai kualitatif, dimana menggunakan pendekatan naturalistik untuk mencari dan menemukan pengertian atau pemahaman tentang fenomena kehidupan anak jalanan. Desain dalam penelitian ini etnografi, karena peneliti ingin mendeskripsikan kebiasaan‐kebiasaan tentang kebijakan pemkot pada pendidikan anak jalanan di Pemerintah Kota Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah daerah Kota Surakarta telah membuat perencanaan pendidikan anak jalanan antara lain mendirikan rumah singgah dan program beasiswa pendidikan untuk anak jalanan. Permasalahan yang dihadapi masih kurangnya Sumber Daya Manusia yang benar‐benar berpotensi dalam mengelola anak jalanannya, khususnya dalam bidang pendidikan. Selain itu dengan adanya rumah singgah tersebut masih banyaknya anak jalanan yang merasa hidup mereka terkekang dan merasa tidak bebas. Sedangkan model kebijakan Pendidikan Anak Jalanan adalah: 1) Pemerintah daerah Kota Surakarta telah melaksanakan perencanaan pendidikan anak jalanan di Kota Surakarta dengan mendirikan rumah singgah dan memberikan program beasiswa pendidikan untuk anak jalanan. 2) Proses pembelajaran pendidikan anak jalanan di Kota Surakarta dilaksanakan melalui pendidikan formal dan juga memberikan pendidikan keterampilan. 3) Pemkot sebagai regulator, telah mengadakan kerjasama dengan lembaga terkait pendidikan anak jalanan, sehingga pelaksanaan program dapat berjalan lebih maksimal, karena juga didukung oleh seluruh elemen masyarakat.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kebijakan pendidikan, anak jalanan, Pemkot Surakarta. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 19 Dec 2012 05:55 |
Last Modified: | 19 Dec 2012 05:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22196 |
Actions (login required)
View Item |