Kebijakan Pemkot Pada Pendidikan Anak Jalanan (Studi Kasus Pemerintah Kota Surakarta)

Nurhidayat, Achmad (2012) Kebijakan Pemkot Pada Pendidikan Anak Jalanan (Studi Kasus Pemerintah Kota Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (533kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, proses pembelajaran  dan  kendala  dalam  pengelolaan  kebijakan  pemerintah  kota  Surakarta  pada  pendidikan anak jalanan.  Metode penelitian yang dipakai kualitatif, dimana menggunakan  pendekatan   naturalistik  untuk mencari  dan menemukan pengertian atau pemahaman  tentang  fenomena kehidupan anak jalanan. Desain dalam penelitian ini etnografi, karena  peneliti ingin mendeskripsikan kebiasaan‐kebiasaan tentang kebijakan pemkot pada  pendidikan anak jalanan di Pemerintah Kota Surakarta.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah daerah Kota Surakarta telah  membuat  perencanaan  pendidikan  anak  jalanan  antara  lain  mendirikan  rumah  singgah dan  program beasiswa pendidikan untuk anak jalanan. Permasalahan yang  dihadapi  masih  kurangnya  Sumber  Daya  Manusia  yang  benar‐benar  berpotensi  dalam mengelola anak jalanannya, khususnya dalam bidang pendidikan. Selain itu  dengan adanya rumah singgah tersebut masih banyaknya anak jalanan yang merasa  hidup  mereka  terkekang  dan  merasa  tidak  bebas.  Sedangkan  model  kebijakan  Pendidikan  Anak  Jalanan  adalah:  1)  Pemerintah  daerah  Kota  Surakarta  telah  melaksanakan  perencanaan  pendidikan  anak  jalanan  di  Kota  Surakarta  dengan  mendirikan rumah singgah dan memberikan program beasiswa pendidikan untuk  anak jalanan. 2) Proses pembelajaran pendidikan anak jalanan di Kota Surakarta  dilaksanakan  melalui  pendidikan  formal  dan  juga  memberikan  pendidikan  keterampilan. 3) Pemkot sebagai regulator, telah mengadakan kerjasama dengan  lembaga  terkait  pendidikan  anak  jalanan,  sehingga  pelaksanaan  program  dapat  berjalan lebih maksimal, karena juga didukung oleh seluruh elemen masyarakat.   

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan pendidikan, anak jalanan, Pemkot Surakarta.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2012 05:55
Last Modified: 19 Dec 2012 05:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22196

Actions (login required)

View Item View Item