Widada., Ridar Umar Wahyu (2012) Pengelolaan Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Program Keahlian Pemasaran ( Studi Situs SMK Negeri 2 Magelang ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf Download (248kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
3._Daftar_Pustaka.pdf Download (58kB) |
|
PDF (Lampiran)
4._LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (176kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Perencanaan Pendidikan Kecakapan Hidup pada Program Keahlian Pemasaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Magelang, (2) Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup pada Program Keahlian Pemasaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Magelang, dan (3) Monitoring dan Evaluasi Pendidikan Kecakapan Hidup pada Program Keahlian Pemasaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Magelang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnografi. Subjek utama penelitian adalah Kepala Sekolah, siswa dan Guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data adalah analisis data tertata dalam situs. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1). Perencanaan Pendidikan Kecakapan Hidup pada Program Keahlian Pemasaran di SMK Negeri 2 Magelang dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat terutuma kebutuhan akan sembilan bahan pokok. Hal yang dipersiapkan meliputi materi, sarana parsarana seperti media pembelajaran, program pendamping, kerjasama dengan pihak industri serta perencanaan target yang harus dicapai. (2) Pendidikan Kecakapan Hidup pada Program Keahlian Pemasaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Magelang dilaksanakan secara terintegrasi dengan mata pelajaran lainnya dimana pelaksanaannya dilakukan di sepanjang tahun. Guru menyampaikan materi dengan berbagai metode dan media seperti penggunaan manekin dan showkis. Keterampilan tambahan juga diajarkan kepada siswa seperti menggunakan alatalat dagang dan juga mendisplay barang. Pemasaran produk dilakukan siswa dengan teknik door to door, dimana target setiap siswa dalam satu semester minimal Rp. 500.000,00. (3) Monitoring dan Evaluasi Pendidikan Kecakapan Hidup pada Program Keahlian Pemasaran di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Magelang dilakukan langsung oleh guru dan juga pengelola laboratorium pemasaran. Aspek yang akan dimonitoring dan dievaluasi adalah keefektifan proses belajar mengajar (PBM), mutu pelaksanaan, serta sasaran atau target yang akan dicapai. Setiap satu minggu sekali siswa berkonsultasi mengenai kinerjanya dalam mengembangkan kecakapan hidup di masyarakat. Laporan yang disusun guru berisi peningkatan pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup dari kinerja masing-masing siswa disampaikan kepada kepala sekolah untuk ditindak lanjuti. Siswa yang belum mencapai target akan diberikan tugas tambahan berupa menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan pemasaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecakapan hidup, pemasaran, perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Dec 2012 10:22 |
Last Modified: | 18 Dec 2012 10:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22184 |
Actions (login required)
View Item |