Sulistyawati, Sulistyawati (2012) Pengelolaan Sekolah Berbasis Akreditasi Studi Situs SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan Kabupaten Magelang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (384kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03.BAB_I.pdf Download (144kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab IV)
06.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
||
PDF (Bab VI)
08.BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengelolaan kurikulum di SD Muhammadiyah Gunungpring. (2) Pengelolaan SDM di SD Muhammadiyah Gunungpring, (3) Pengelolaan Sarana prasarana di SD Muhammadiyah Gunungpring,(4) Pengelolaan Dana di SD Muhammadiyah Gunungpring. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Muhammadiyah Gunungpring Muntilan Kabupaten Magelang. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility, transferability, dependability, dan confermability. Hasil dari penelitian ini (1) Kurikulum yang ada di SD Muhammadiyah Gunungpring adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dalam pengelolaan kurikulum diawali dengan kegiatan perencanaan kurikulum yang dilakukan pada awal tahun ajaran baru untuk menganalisis situasi dan kondisi sekolah secara objektif. Perencanaan kurikulum dilaksanakan berdasarkan 5 tahapan yaitu (a) evaluasi pelaksanaan kurikulum pembelajaran 1 tahun yang lalu, (b) rapat komisi sesuai dengan 8 standar pendidikan, (c) sidang pleno, (d) penetapan dan pengesahan, (e) sosialisasi. (2) Sumber daya manusia yang ada di SD Muhammadiyah Gunungpring antara lain tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan penjaga sekolah. Pengelolaan SDM dilakukan melalui kegiatan seperti perekrutan pegawai, seleksi, kompensasi dan pelatihan. Peningkatan kualitas SDM dilaksanakan dengan mengikutsertakan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui workshop atau seminar yang sesuai dengan bidangnya. (3) Pengelolaan sarana dan prasarana dilakukan oleh orang yang kompeten di bidangnya. Pengelolaan sarana dan prasarana diawali dengan pembentukan tim. Kemudian tim tersebut akan melakukan pendataan tentang sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah. Kegiatan evaluasi sarana dan prasarana yang dilakukan oleh kepala sekolah dan tim evaluasi. (4) Sumber dan alokasi dana pendidikan berasal dari pemerintah (APBD dan APBN), masyarakat dan orang tua siswa. Dalam penganggaran dana sekolah berisi tentang program atau kegiatan yang akan dilakukan oleh sekolah untuk satu tahun ke depan. Pengalokasian dana sekolah juga disesuaikan dengan perencanaan penganggaran dana sekolah. Proses pertanggungjawaban dilakukan oleh kepala sekolah yang dibantu oleh bendahara sekolah yang dilaporkan setiap sebulan sekali. Setelah laporan tersebut dibuat kemudian akan di periksa oleh petugas (auditor) yang ditunjuk oleh sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kurikulum, SDM, sarana prasarana, dana, pengelolaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 17 Dec 2012 11:11 |
Last Modified: | 17 Dec 2012 11:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22159 |
Actions (login required)
View Item |