Ratnasari, Dina (2012) Penerapan Model Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika ( PTK Kelas X SMA Veteran 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012 / 2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (331kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (496kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (207kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (435kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar matematika dengan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) pada siswa SMA kelas X. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Veteran 1 Sukoharjo yang berjumlah 26 siswa. Data diperoleh melalui metode observasi, catatan lapangan, dan metode dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara kepala sekolah, guru, dan peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis intaraktif, data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran ATI (Aptitude Treatment Interaction) yang diterapkan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Jumlah siswa yang antusias mengikuti pembelajaran sebelum diberi tindakan sebanyak 7 siswa (26,92%), setelah dilakukan tindakan sebanyak 20 siswa (76,92%). Jumlah siswa yang bertanya tentang materi yang belum dimengerti sebelum diberi tindakan sebanyak 3 siswa (11,54%), setelah dilakukan tindakan menjadi sebanyak 12 siswa (46,15%). Jumlah siswa yang kedepan kelas menjawab soal sebelum dilakukan tindakan 5 siswa ( 19, 23%) dan setelah dilakukan tindakan sebanyak 11 siswa (42,31%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran ATI ( Aptitude Treatment Interaction ) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ATI , Aptitude Treatment Interaction, Motivasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 07 Dec 2012 10:54 |
Last Modified: | 07 Dec 2012 10:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21878 |
Actions (login required)
View Item |