Santoso, Sukrisno (2012) Permainan Bahasa Pada Stiker Sepeda Motor. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V_SIMPULAN_DAN_SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (291kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki dua tujuan. (1) Untuk mengidentifikasi bentuk permainan bahasa pada stiker sepeda motor. (2) Untuk menganalisis fungsi permainan bahasa pada stiker sepeda motor. Data pada penelitian ini berupa satuan lingual yang mengandung permainan bahasa pada stiker sepeda motor. Sumber data penelitian ini berupa wacana stiker pada sepeda motor yang mengandung permainan bahasa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode padan intralingual dan padan ekstralingual. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tipe bahasa plesetan pada stiker sepeda motor ada 6, yaitu plesetan fonologis (bunyi) sebanyak 1 data, plesetan grafis (huruf) sebanyak 3 data, plesetan morfemis (leksikon) sebanyak 9 data, plesetan frasal (kelompok kata) sebanyak 2 data , plesetan kalimat (ekspresi) sebanyak 22 data, dan plesetan ideologis (semantis) sebanyak 5 data. Permainan bahasa pada stiker sepeda motor mempunyai 8 fungsi, yaitu (1) sebagai olok-olokan dengan mengambil sebuah objek tertentu menjadi topik pembicaraan, (2) sebagai sindiran atau celaan secara tidak langsung kepada situasi atau orang tertentu, ((3) sebagai protes sosial terhadap penguasa atau terhadap kekacauan yang terjadi di masyarakat maupun di pemerintah, (4) sebagai pencerminan diri pada situasi yang menguntungkan, (5) sebagai eufemisme, (6) sebagai ungkapan rahasia agar orang lain tidak mengetahui maksud yang diungkapkannya, 7) sebagai ajakan untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu, dan (8) sebagai lelucon atau hiburan komunikasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan bahasa, bahasa plesetan, stiker sepeda motor |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Dec 2012 09:04 |
Last Modified: | 06 Dec 2012 09:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21866 |
Actions (login required)
View Item |