Permainan Bahasa Pada Stiker Sepeda Motor

Santoso, Sukrisno (2012) Permainan Bahasa Pada Stiker Sepeda Motor. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_LANDASAN_TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III_METODE_PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V_SIMPULAN_DAN_SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (291kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. (1) Untuk mengidentifikasi bentuk permainan bahasa pada stiker sepeda motor. (2) Untuk menganalisis fungsi permainan bahasa pada stiker sepeda motor. Data pada penelitian ini berupa satuan lingual yang mengandung permainan bahasa pada stiker sepeda motor. Sumber data penelitian ini berupa wacana stiker pada sepeda motor yang mengandung permainan bahasa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode padan intralingual dan padan ekstralingual. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa tipe bahasa plesetan pada stiker sepeda motor ada 6, yaitu plesetan fonologis (bunyi) sebanyak 1 data, plesetan grafis (huruf) sebanyak 3 data, plesetan morfemis (leksikon) sebanyak 9 data, plesetan frasal (kelompok kata) sebanyak 2 data , plesetan kalimat (ekspresi) sebanyak 22 data, dan plesetan ideologis (semantis) sebanyak 5 data. Permainan bahasa pada stiker sepeda motor mempunyai 8 fungsi, yaitu (1) sebagai olok-olokan dengan mengambil sebuah objek tertentu menjadi topik pembicaraan, (2) sebagai sindiran atau celaan secara tidak langsung kepada situasi atau orang tertentu, ((3) sebagai protes sosial terhadap penguasa atau terhadap kekacauan yang terjadi di masyarakat maupun di pemerintah, (4) sebagai pencerminan diri pada situasi yang menguntungkan, (5) sebagai eufemisme, (6) sebagai ungkapan rahasia agar orang lain tidak mengetahui maksud yang diungkapkannya, 7) sebagai ajakan untuk melakukan atau meninggalkan sesuatu, dan (8) sebagai lelucon atau hiburan komunikasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan bahasa, bahasa plesetan, stiker sepeda motor
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Dec 2012 09:04
Last Modified: 06 Dec 2012 09:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21866

Actions (login required)

View Item View Item