Manajemen Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Beyond Centres And Circle Time Di Tk Aisyiyah Joyosuran Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011

Cahyowati, Nonie Dwi (2012) Manajemen Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Beyond Centres And Circle Time Di Tk Aisyiyah Joyosuran Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (521kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (373kB)

Abstract

Pembelajaran Beyond Centres and Circle Time (BCCT) merupakan pembelajaran yang sinergis dengan dunia anak, yaitu belajar sambil bermain. BCCT diyakini mampu merangsang seluruh aspek kecerdasan anak (Mulitiple Intelligent) melalui bermain yang terarah. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah perencanaan pembelajaran BCCT, pengorganisasian pembelajaran BCCT, pelaksanaan pembelajaran BCCT, pengevaluasiaan BCCT? Serta apa saja faktor penghambat dan pendukung manajemen pembelajaran BCCT di TK Aisyiyah Joyosuran Surakarta? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan perencanaan pembelajaran BCCT, untuk menemukan pengorganisasian pembelajaran BCCT, untuk memetakan pelaksanaan pembelajaran BCCT, untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran BCCT, dan untuk menemukan faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran BCCT di TK Aisyiyah Joyosuran Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis diskriptif, subjek dalam penelitian ini yaitu semua guru di TK Aisyiyah Joyosuran Surakarta. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara wawancara. Observasi dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada semua guru untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengevaluasiaan pembelajaran dan faktor penghambat serta pendukung pembelajaran BCCT di TK Aisyiyah Joyosuran Surakarta. Adapun observasi untuk mengetahui kelengkapan sarana dan prasarana yang ada di TK Aisyiyah Joyosuran Surakarta. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode kualitatif diskriptif. Berdasarkan penelitian dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan BCCT di TK Aisyiyah Joyosuran Surakarta ada enam, yaitu berupa kegiatan observasi, pemagangan, diklat, penyiapan sarana pendukung, pengembangan kurikulum, dan sosialisasi pada orang tua murid. 2) Pengorganisasian BCCT di TK Aisyiyah Joyosuran Surakarta yaitu pembagian sentra dan pembagian tugas guru. 3) Pelaksanaan BCCT di TK Aisyiyah Joyosuran Surakarta melalui persiapan, penyambutan siswa, kegiatan pembuka, transisi/perpindahan, kegiatan inti dimasing-masing kelompok yang terdiri dari; pijakan lingkungan main; pijakan sebelum bermain; pijakan selama main; dan pijakan setelah main, makan bekal bersama, dan kegiatan penutup. 4) Pengawasan atau evaluasi BCCT di TK Aisyiyah Joyosuran Surakarta. Kegiatan ini diawasi langsung oleh kepala TK, yaitu pada saat proses pembelajaran BCCT. Sedangkan evaluasi untuk pencatatan kegiatan belajar anak, dilakukan setiap pertemuan, hasil karya anak dapat dijadikan bahan evaluasi dan hasilnya akan diserahkan kepada orang tua murid setiap akhir semester. 5) Masih adanya hambatan-hambatan dalam pelaksanaan manajemen BCCT, berupa masih terbatasnya sarana prasarana, kurangnya pengetahuan orang tua dalam pola asuh anak yang baik, tingkat pemahaman pendidik yang terbatas, memakan banyak biaya. Adapula hal-hal yang mendukung dalam pelaksanaan manajemen BCCT, yaitu adanya komunikasi terpadu antar guru (kepala sekolah, guru, dan anak didik). Adapun Alat Permainan Edukatif (APE) di sentra peran dan balok telah memadai, keterlibatan orang tua dan masyarakat, yang berupa adanya donatur-donatur serta dukungan untuk sekolah, serta adanya dukungan dari yayasan, berupa bantuan dana.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2012 06:33
Last Modified: 21 Nov 2019 03:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21850

Actions (login required)

View Item View Item