Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Unggulan

Kanadika, Rino (2012) Hubungan Antara Interaksi Sosial Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Unggulan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (368kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (38kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI..pdf

Download (865kB)

Abstract

Salah satu tujuan dari pengadaan program kelas unggulan pada suatu sekolah adalah agar para siswa yang memiliki kapasitas kecerdasan yang homogen mampu termotivasi belajarnya sehingga dapat bersaing secara sehat untuk mencapai prestasi sebaik-baiknya. Ada berbagai faktor yang memicu rendahnya motivasi belajar pada remaja. Salah satunya interaksi sosial remaja baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat pada umumnya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dengan motivasi belajar pada siswa kelas unggulan. Hipotesis yang diajukan: Ada hubungan positif antara interaksi sosial dengan motivasi belajar pada siswa kelas unggulan. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII A, VII B, dan VII C SMP Muhammadiyah 1 Surakarta berjumlah 106 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan studi populasi. Alat ukur yang digunakan adalah skala interaksi sosial dan skala motivasi belajar. Metode analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi r = 0,531, p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara interaksi sosial dengan motivasi belajar. Artinya semakin tinggi interaksi sosial maka semakin tinggi pula motivasi belajar. Sumbangan efektif menunjukkan seberapa besar peran atau kontribusi variabel bebas terhadap variabel tergantung yang ditunjukkan oleh koefesien determinan. Hasil koefisien determinan (r2) sebesar 0,282. Hal ini berarti sumbangan interaksi sosial terhadap motivasi belajar sebesar 28,2%, maka masih terdapat 71,8% faktor-faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar selain variabel interaksi sosial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, interaksi social
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2012 10:45
Last Modified: 10 Dec 2012 10:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21837

Actions (login required)

View Item View Item