IMRON, KHOIRUL (2012) Penerapan Media Audio-Visual Pada Pelajaran Al-Qur’an Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Jatiroto Wonogiri Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (978kB) |
|
|
PDF (BAB I)
04._BAB_I.pdf Download (162kB) |
|
PDF (BAB II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) |
||
PDF (BAB III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
||
PDF (BAB IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (BAB V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (697kB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (662kB) |
Abstract
Kemajuan yang dicapai manusia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi membuat pengetahuan dan teknologi itu sendiri berkembang semakin pesat. Pola hidup manusia dengan kemajuan teknologi mempunyai hubungan erat, pendidikan adalah wadah yang paling menonjol dalam rangka kemajuan itu. Salah satu komponen yang sangat penting dalam proses belajar adalah media. Ada beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu salah satunya adalah menggunakan media audio-visual, karena media audio-visual dapat menyampaikan pengertian atau informasi dengan cara yang lebih kongkrit atau lebih nyata dari pada yang dapat disampaikan oleh kata-kata yang diucapkan. Dengan melihat sekaligus mendengar, orang yang menerima pelajaran dapat lebih mudah memahami dan lebih cepat mengerti. Oleh karena itu media pembelajaran dapat dikatakan sebagai sumber belajar yang dapat membantu mencapai tujuan dari pembelajaran. Dalam penelitian ini pembelajaran yang dilakukan adalah dengan penerapan media audio-visual pada pelajaran al-Qur’an dengan sub bab materi tajwid tentang hukum bacaan mad. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media audio-visual pada pelajaran al-Qur’an di SMP Negeri 2 Jatiroto Wonogiri serta bagaimana respon siswa terhadap penerapan media audio-visual pada pelajaran al-Qur’an. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan media audio-visual pada pelajaran Al-Qur’an di kelas VIII SMP Negeri 2 Jatiroto Wonogiri dan untuk menjelaskan respon siswa terhadap penerapan media audio-visual pada pelajaran Al-Qur’an di kelas VIII SMP Negeri 2 Jatiroto Wonogiri. Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kualitatif lapangan (field risearch). Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah mengadakan serangkain observasi di kelas VIII SMP 2 Jatiroto Wonogiri dan wawancara dengan guru PAI yang mengajar di kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil penerapan media audio-visual pada pelajaran al-Qur’an meliputi tujuan penerapan media audio-visual, materi pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penerapan media audio-visual pada pelajaran al-Qur’an siswa bisa lebih mengerti dan memahami materi. Materi yang disampaikan dalam pembelajaran al-Qur’an adalah sub bab materi tajwid tentang hukum bacaan mad dan untuk evaluasi pembelajaran menggunakan tes tertulis dan tes baca al-Qur’an. Dari hasil tes tertulis siswa banyak yang mendapatkan nilai yang bagus, dari segi nilai baca al-Qur’an pun siswa rata-rata sudah bisa menerapkan hukum bacaan mad dengan benar. Sedangkan respon siswa terhadap penerapan media audiovisual pada pelajaran al-Qur’an siswa senang terhadap penerapan media audiovisual dalam pembelajaran al-Qur’an. Dengan menggunakan media audio-visual siswa tertarik dengan penyampaian materi yang menggunakan aplikasi tajwid.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media audio-visual, pelajaran al-Qur’an, respon siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 12:08 |
Last Modified: | 05 Dec 2012 12:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21836 |
Actions (login required)
View Item |