Febrianto, Ayudi (2012) Analisa Pengaruh Rekatan Antar Lapis Perkerasan Terhadap Umur Pelayanan Jalan Dengan Menggunakan Metode Analitis (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Arteri Di Jalur Pantura). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
3._Halaman_Depan.pdf Download (637kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV2.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
||
PDF (Bab VI)
9._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (65kB) |
|
PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (548kB) |
Abstract
Jalan pantura merupakan salah satu jalan nasional yang dibangun pada tahun 1808 jalan ini sangat penting dalam menggerakkan arus industri dan ekonomi nasional khususnya pulau Jawa. Padatnya lalu lintas yang melewati jalan tersebut membuat jalan sering dilakukan perbaikan akibat sering terjadi kerusakan sebelum berakhirnya umur rencana jalan, kerusakan yang dialami jalan tersebut kemungkinan salah satunya diakibatkan oleh rekatan antar lapis perkerasan yang kurang baik, karena pada dasarnya rekatan antar lapis perkerasan tidak selalu tercapai. Berkaitan dengan masalah tersebut maka pada penelitian ini akan membahas pengaruh rekatan antar lapis perkerasan dengan umur pelayanan jalan, dimana rekatan antar lapis perkerasan tersebut terbagi menjadi tiga kondisi yaitu kondisi full slip (Ks ≤ 0,01 MPa/mm), intermediate case (0,01 MPa/mm < Ks < 100 MPa/mm), dan full bonding (Ks ≥ 100 MPa/mm). Penelitian dilakukan dengan bantuan program Bisar 3.0 dengan didukung data-data sekunder berupa data geometrik, data lalu lintas harian rata-rata (LHR), data kecepatan rata-rata, data temperatur,data pengujian material, dan data lain sebagainya. Data-data yang sudah ada kemudian dianalisis untuk mencari nilai yang dibutuhkan untuk digunakan sebagai input ke program Bisar 3.0. Hasil yang diperoleh pada program Bisar 3.0 berupa regangan tarik horizontal (ԑt) untuk kondisi fatigue dan regangan tekan vertikal (ԑz) untuk kondisi deformasi yang selanjutnya digunakan untuk menghitung besarnya umur pelayanan jalan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa semakin baik suatu rekatan antar lapis perkerasan maka semakin besar pula umur pelayanan jalan. Hasil analisis menunjukkan untuk rekatan antar lapis perkerasan kondisi full bonding (Ks ≥ 100 MPa/mm) mempunyai umur pelayanan lebih lama dibandingkan dengan rekatan antar lapis perkerasan kondisi full slip (Ks ≤ 0,01MPa/mm), dan pada penelitian juga menunjukkan penurunan umur pelayanan dengan nilai Ks ≤ 0,01MPa/mm tidak terlalu signifikan begitu juga dengan kenaikan umur pelayanan dengan nilai Ks ≥ 100 MPa/mm.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rekatan antar lapis perkerasan, Bisar 3.0, Umur pelayanan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 03 Dec 2012 11:38 |
Last Modified: | 03 Dec 2012 11:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21728 |
Actions (login required)
View Item |