NUGRAHANTO, BAYU (2012) Analisis Faktor- Faktor Yang Menentukan Efektivitas Sistem Informasi Pada Organisasi Sektor Publik(Studi Kasus Pada Rsud Soediran Mangun Sumarso Wonogiri). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
BAGIAN_AWAL.pdf Download (319kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (200kB) |
Abstract
Menjelang peralihan abad ke-21, manusia cenderung menduduki tempat sentral dalam proses perekonomian karena tahap ekonomi yang sedang kita masuki ini didasarkan pada pengetahuan (knowlegde based) dan berfokus pada informasi (information focused). Sistem informasi (SI) di bidang ekonomi memberikan kontribusi dalam menciptakan nilai tambah bagi organisasi karena meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat). Dengan SI, karyawan organisasi dapat mencari dan menyerap pengetahuan untuk menjalankan pekerjaannya atau menyelesaikan masalah-masalah dalam pekerjaannya sehingga SI dapat mempengaruhi efisiensi organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor yang menentukan efektivitas sistem informasi pada organisasi sektor publik yaitu manajemen puncak, manajemen SI, budaya organisasi, kepuasaan pengguna, penggunaan SI dan kualitas informasi. Data yang digunakan adalah data primer berdasarkan kuesioner yang didistribusikan pada organisasi sektor publik di RSUD Soediran Mangun Sarkoro. Sebanyak 50kuesioner telah dikirim, 50 kuesioner kembali, dan hanya 48 kuesioner dapat digunakan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa manajemen puncak berpengaruh negatif dengan nilai thitung (1,449) signifikansi 0,157 > α = 0,05. Manajemen sistem informasi berpengaruh negatif thitung (1,049) sinifikansi 0,301 > α = 0,05. Budaya organisasi berpengaruh positif dengan nilai thitung (6,039) signifikansi 0,000 < α = 0,05. Kepuasan pengguna berpengaruh negatif dengan nilai thitung (-1,742) signifikansi 0,089 > α = 0,05. Penggunaan SI berpengaruh negatif thitung (-1,399) signifikansi 0,169 > α = 0,0. Kualitas informasi berpengaruh positif thitung (4,746) signifikansi 0,000 < α = 0,0
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen puncak, manajemen SI, budaya organisasi, kepuasan pengguna, penggunaan SI, kualitas informasi |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 29 Nov 2012 06:37 |
Last Modified: | 29 Nov 2012 06:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21660 |
Actions (login required)
View Item |