Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PKn Melalui Pembelajaran Tematik dengan Media Gambar pada Siswa Kelas I Semester I SD Negeri Pesagi 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Tisnawati, Martiana Dwi (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PKn Melalui Pembelajaran Tematik dengan Media Gambar pada Siswa Kelas I Semester I SD Negeri Pesagi 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (292kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka )
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (385kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran dalam penelitian ini guru memilih serta menggunakan metode pembelajaran tematik dan media pembelajaran yang berupa media gambar. Penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar PKn. Bentuk dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas I semester I SD Negeri Pesagi 02 tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jumlah siswa kelas I adalah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa melalui penggunaan media gambar, yakni keaktifan pada pra siklus sebesar 40 %, peningkatan keaktifan siklus I sebesar 72 % atau 15 siswa dan peningkatan keaktifan siklus II mencapai 92 % atau 23 siswa. Untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui media gambar digunakan pula beberapa indikator keaktifan sebagai pedoman guru antara lain mendengar penjelasan guru, kerjasama kelompok, memberi kesempatan teman berpendapat, mendengarkan teman berpendapat, saling membantu, bertanya pada teman/guru jika tidak paham soal, terlibat dalam memecahkan masalah, mencari informasi untuk memecahkan masalah, melatih diri dalam memecahkan masalah, dan menilai kemampuan dirinya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media gambar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar siswa, media gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Nov 2012 10:32
Last Modified: 28 Nov 2012 13:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21622

Actions (login required)

View Item View Item